Penjelasan Payung Penelitian Prodi
Riset Dasar
- Topik: Teori Pembelajaran dan Teknologi
- Penelitian tentang dasar-dasar teori pembelajaran dalam konteks teknologi informasi.
- Dampak penggunaan teknologi pada proses pembelajaran
- Studi tentang interaksi manusia-komputer dalam proses pembelajaran.
- Penelitian tentang strategi dan/atau metode pembelajaran dalam konteks pembelajaran teknologi
- Penelitian tentang algoritma dan struktur data yang dapat mendukung proses pembelajaran.
- Topik: Analisis Data dan Big Data dalam Pendidikan
- Penelitian tentang penggunaan analisis data dan big data untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
- Studi tentang pola-pola pembelajaran dari data besar.
- Pengembangan model prediktif untuk hasil belajar siswa.
- Topik: Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan
- Penelitian tentang aplikasi kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran.
- Studi tentang adaptasi sistem pembelajaran berbasis AI untuk kebutuhan individual siswa.
- Pengembangan teori baru terkait implementasi AI dalam pendidikan.
Riset Terapan
- Topik: E-learning dan Pembelajaran Daring
- Pengembangan platform e-learning dan aplikasi pembelajaran daring.
- Studi tentang efektivitas berbagai metode pembelajaran daring.
- Penelitian tentang pengaruh interaksi virtual terhadap hasil belajar siswa.
- Studi tentang efektivitas berbagai media pembelajaran interaktif
- Topik: Mobile Learning dan Teknologi Wearable
- Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis mobile.
- Studi tentang penggunaan teknologi wearable dalam pembelajaran.
- Penelitian tentang aksesibilitas dan inklusi dalam mobile learning.
- Topik: Realitas Virtual (VR) dan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran
- Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis VR dan AR.
- Studi tentang dampak penggunaan VR dan AR terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa.
- Penelitian tentang potensi teknologi VR dan AR untuk pendidikan khusus.
Riset Pengembangan
- Topik: Pengembangan Sistem dan Aplikasi Pembelajaran
- Pengembangan sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang inovatif.
- Studi tentang integrasi multimedia dalam aplikasi pembelajaran.
- Penelitian tentang desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dalam aplikasi pembelajaran.
- Topik: Gamifikasi dalam Pendidikan
- Pengembangan permainan edukatif yang mendukung kurikulum.
- Studi tentang pengaruh gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa.
- Penelitian tentang desain dan implementasi elemen gamifikasi dalam pembelajaran.
- Topik: Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi
- Pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan teknologi informasi secara menyeluruh.
- Studi tentang efektivitas kurikulum berbasis teknologi terhadap hasil belajar.
- Penelitian tentang adaptasi kurikulum untuk mengikuti perkembangan teknologi.