Payung Penelitian Prodi Pendidikan Teknologi Informasi

Penjelasan Payung Penelitian Prodi

Riset Dasar

  • Topik: Teori Pembelajaran dan Teknologi
    • Penelitian tentang dasar-dasar teori pembelajaran dalam konteks teknologi informasi.
    • Dampak penggunaan teknologi pada proses pembelajaran
    • Studi tentang interaksi manusia-komputer dalam proses pembelajaran.
    • Penelitian tentang strategi dan/atau metode pembelajaran dalam konteks pembelajaran teknologi
    • Penelitian tentang algoritma dan struktur data yang dapat mendukung proses pembelajaran.
  • Topik: Analisis Data dan Big Data dalam Pendidikan
    • Penelitian tentang penggunaan analisis data dan big data untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    • Studi tentang pola-pola pembelajaran dari data besar.
    • Pengembangan model prediktif untuk hasil belajar siswa.
  • Topik: Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan
    • Penelitian tentang aplikasi kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran.
    • Studi tentang adaptasi sistem pembelajaran berbasis AI untuk kebutuhan individual siswa.
    • Pengembangan teori baru terkait implementasi AI dalam pendidikan.

Riset Terapan

  • Topik: E-learning dan Pembelajaran Daring
    • Pengembangan platform e-learning dan aplikasi pembelajaran daring.
    • Studi tentang efektivitas berbagai metode pembelajaran daring.
    • Penelitian tentang pengaruh interaksi virtual terhadap hasil belajar siswa.
    • Studi tentang efektivitas berbagai media pembelajaran interaktif
  • Topik: Mobile Learning dan Teknologi Wearable
    • Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis mobile.
    • Studi tentang penggunaan teknologi wearable dalam pembelajaran.
    • Penelitian tentang aksesibilitas dan inklusi dalam mobile learning.
  • Topik: Realitas Virtual (VR) dan Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran
    • Pengembangan aplikasi pembelajaran berbasis VR dan AR.
    • Studi tentang dampak penggunaan VR dan AR terhadap keterlibatan dan hasil belajar siswa.
    • Penelitian tentang potensi teknologi VR dan AR untuk pendidikan khusus.

Riset Pengembangan

  • Topik: Pengembangan Sistem dan Aplikasi Pembelajaran
    • Pengembangan sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang inovatif.
    • Studi tentang integrasi multimedia dalam aplikasi pembelajaran.
    • Penelitian tentang desain antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) dalam aplikasi pembelajaran.
  • Topik: Gamifikasi dalam Pendidikan
    • Pengembangan permainan edukatif yang mendukung kurikulum.
    • Studi tentang pengaruh gamifikasi terhadap motivasi belajar siswa.
    • Penelitian tentang desain dan implementasi elemen gamifikasi dalam pembelajaran.
  • Topik: Pengembangan Kurikulum Berbasis Teknologi
    • Pengembangan kurikulum yang mengintegrasikan teknologi informasi secara menyeluruh.
    • Studi tentang efektivitas kurikulum berbasis teknologi terhadap hasil belajar.
    • Penelitian tentang adaptasi kurikulum untuk mengikuti perkembangan teknologi.